Eric Sanchis Blog

Eric Sanchis Blog

Cari Tahu Khasiat Buah Pisang

Mungkin selama ini anda hanya sekedar makan pisang. Yang anda tahu buah ini enak, sering diolah menjadi jajanan, banyak manfaatnya namun tidak tahu pasti apa saja yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi pisang. Berikut penjelasannya:

Cari Tahu Khasiat Buah Pisang

 

1. Mungkin Baik Untuk Diabetes

Untuk penderita diabetes, menyadari karbohidrat dalam diet sangat penting. Karena karbohidrat meningkatkan kadar gula darah lebih cepat daripada nutrisi lainnya. Dan pisang mengandung karbohidrat. Sekitar 93 persen kalori dalam pisang berasal dari karbohidrat. Karbohidrat ini dalam bentuk gula, serat, dan pati.

Tetapi karena pisang mengandung banyak karbohidrat, bagaimana mungkin itu mungkin baik untuk diabetes?

Nah, pisang mengandung serat juga. Serat ini dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat ( 47 ). Ini mencegah lonjakan gula darah dan mengatur kadar gula darah.

Faktor lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah beban glikemik, yang didasarkan pada indeks glikemik (sejauh mana makanan dapat mempengaruhi kadar gula darah). GI pisang berkisar 42-62, tergantung kematangannya. Yang berarti mereka memiliki beban glikemik rendah – dan karenanya mungkin tidak berbahaya bagi penderita diabetes.

Seperti telah didiskusikan, pisang hijau (mentah) juga mengandung pati resisten. Ia bertindak seperti serat dan mengontrol kadar gula darah. Ini juga memberi makan bakteri usus-usus – ini meningkatkan kesehatan metabolik dan mengontrol lonjakan gula darah.

Vitamin B6 dalam pisang mengurangi stres juga – yang dapat membantu dalam manajemen diabetes. Satu studi menyatakan bahwa konsumsi harian pisang dapat sedikit meningkatkan kadar glukosa darah pada pasien dengan diabetes tipe 2 ( 48 ). Laporan lain oleh University of Maryland Medical Center merekomendasikan asupan pisang selama diabetes karena buahnya rendah fruktosa ( 49 ).

2. Bantu Obati Anemia

Anemia, terutama ketika disebabkan selama kehamilan, dapat diobati dengan dosis asam folat yang ideal. Nutrisi adalah bentuk vitamin B yang ditemukan dalam makanan, dan pisang diberkati dengan jumlah yang baik. Asam folat mencegah anemia pada wanita hamil dan juga meningkatkan kesehatan janin ( 50 ).

Vitamin C dalam pisang juga membantu dalam penyerapan zat besi yang tepat (dan ya, zat besi adalah yang dibutuhkan untuk melawan anemia). Vitamin B12 membantu mengobati anemia pernisiosa (ketika tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang cukup karena tidak memiliki cukup vitamin B12). Meskipun pisang tidak mengandung kandungan vitamin B12 yang mendorong, vitamin B6 yang dikandungnya diperlukan untuk penyerapan dan penyimpanan vitamin B12 yang tepat. Dan tembaga dalam pisang juga membantu penyerapan zat besi.

3. Meringankan Mual Dari Morning Sickness

Potassium dalam pisang dapat membantu meringankan mual di pagi hari. Begitu juga dengan karbohidrat. Namun, penelitian lebih banyak diperlukan dalam hal ini.

4. Kurangi Demam

Keringat berlebihan, diare, dan muntah adalah beberapa gejala umum demam. Gejala-gejala ini menguras kadar potassium dalam tubuh dan menyebabkan kelemahan. Pisang, kaya potasium, bisa sangat membantu. Mereka juga dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang, sehingga mempercepat pemulihan.

Senyawa flavonoid dalam buah dapat menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh – yang selalu membantu melawan demam.

Updated: December 14, 2018 — 6:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eric Sanchis Blog © 2019 Frontier Theme