Eric Sanchis Blog

Eric Sanchis Blog

Keutamaan Ketika Berinteraksi Dengan Al Quran

Quran adalah buku panduan untuk kehidupan Muslim . Artikel ini adalah kumpulan ayat-ayat Alquran, Hadits (Nabi’s Saying) dan ucapan-ucapan salaf (orang-orang saleh yang mengikuti nabi) pada keagungan Al-Quran, kebajikan besar untuk membaca dan mengikutinya.


Keutamaan Ketika Berinteraksi Dengan Al Quran

1. Quran tentang Quran

Untuk mulai dengan, ada banyak ayat – ayat dalam Quran itu sendiri diantaranya surah al ikhlas yang menggarisbawahi keagungan ayat-ayat Allah dan Al-Qur’an itu sendiri. Lihat yang berikut:

Katakan: ‘Jika umat manusia dan jin bersatu untuk menghasilkan yang serupa dengan Al Qur’an ini, mereka tidak dapat menghasilkan yang seperti itu, bahkan jika mereka saling membantu’ ” [Al-Qur’an Al-Israa ’17:88]

Allah berfirman dalam ayat lain:

Seandainya Kami menurunkan Al Qur’an ini di atas gunung, Anda pasti akan melihatnya merendahkan diri dan mengamuk karena takut kepada Allah . Tersebut adalah perumpamaan yang Kami kemukakan kepada umat manusia yang mungkin mereka cerminkan. [Quran Al-Hashr 59:21]

“Ini adalah Kitab (Al-Quran), dimana tidak ada keraguan, panduan bagi mereka yang Al-Muttaqoon [yang saleh] [Quran Al-Baqarah 2: 2]

2. Hadiah Pembacaan Quran di Qiyaam Al-Layl (Doa Malam sebelum Fajar)

Kita semua tahu dari Al-Qur’an dan Hadits tentang pahala dan manfaat yang tak terhitung jumlahnya dari berdoa dan membaca Al-Quran selama doa malam (terakhir sepertiga malam)

Sebagaimana dinyatakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh ‘Abd-Allah ibn’ Amr ibn al-‘Aas (semoga Allah senang dengan mereka berdua), di mana Nabi Muhammad (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

“Siapa pun yang membacakan sepuluh aayaat (ayat-ayat) dalam qiyaam tidak akan dicatat sebagai salah satu pelupa. Siapa pun yang membacakan seratus aayaat (ayat-ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah satu yang taat, dan siapa pun yang berdoa seribu aayaat (ayat-ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah satu muqantareen (orang-orang yang menumpuk perbuatan baik). ” oleh Abu Dawood dan Ibn Hibbaan. Ini adalah laporan hasan. Shahih al-Targheeb, 635). ”

Imaam al-Bukhaari biasa sholat qiyaam dan tahajjud di malam hari sampai saat sahur, dan dia akan membaca antara setengah dan sepertiga dari Quran, dan menyelesaikannya di suhoor setiap malam ketiga.

3. Membaca Quran di bulan Ramadhan

Al-Quran bahkan memiliki arti penting di bulan Ramadhan, bulan puasa.

Allah berfirman (interpretasi makna):

Bulan Ramadhan di mana diturunkan Al-Qur’an, pedoman bagi umat manusia dan bukti yang jelas untuk bimbingan dan kriteria (antara benar dan salah) [Quran al-Baqarah 2: 185]

Jibril biasa datang ke Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) setiap malam di Ramadan, dan belajar Quran dengan dia. Diriwayatkan oleh al-Bukhaari, 5; Muslim, 4268.

Oleh karena itu salaf digunakan untuk membaca Alquran banyak selama Ramadhan, mengikuti contoh Nabi (damai dan berkah Allah besertanya). Qataadah (semoga Allah merahmatinya) digunakan untuk menyelesaikan Quran setiap tujuh malam sepanjang waktu, dan setiap tiga malam di Ramadaan, dan setiap dua malam selama sepuluh hari terakhir Ramadan.

Ibraaheem al-Nakha’i digunakan untuk menyelesaikan Al-Qur’an dalam Ramadan setiap tiga malam, dan dalam sepuluh hari terakhir setiap dua malam.

4. Imbalan Umum Pembacaan Al-Qur’an

Imbalan dari membaca Al-Quran banyak. Sebuah hadis otentik di At-Tirmithee menyatakan:

Siapa saja yang membaca surat dari Kitab Allah , dia akan mendapat hadiah. Dan hadiah itu akan dikalikan sepuluh. Saya tidak mengatakan bahwa “Alif, Laam, Meem” adalah sebuah surat, bukan saya mengatakan bahwa “Alif” adalah sebuah huruf, “laam” adalah sebuah huruf dan “meem” adalah sebuah huruf. ”Jadi tingkatkan pembacaan Al-Qur’an Anda ‘untuk mendapatkan pahala ini, dan untuk mendapatkan pahala berikut juga.

Dalam hadits lain, ‘Aa’ishah, semoga Allah senang dengannya, menceritakan bahwa Nabi (sallAllahu’ alaihi wa sallam) mengatakan:

Sesungguhnya orang yang membaca Al-Qur’an dengan indah, lancar, dan tepat, ia akan berada di antara para malaikat yang mulia dan taat. Dan untuk orang yang membaca dengan susah payah, gagap atau terhuyung-huyung melalui ayat-ayatnya, maka dia akan memiliki DUA KALI pahala itu. ”[Al-Bukhari dan Muslim]

Hadits ini membuktikan bahwa orang-orang yang tidak fasih dalam bahasa Arab atau memiliki kesulitan lain dalam membaca Al-Quran, bahkan mendapat pahala yang lebih tinggi untuk membaca Al Qur’an dalam bahasa Arab untuk usaha ekstra mereka.

5. Al-Qur’an sebagai pendoa syafaat di hari penghakiman

Nabi berkata:

“Al-Qur’an adalah perantara, sesuatu yang diberikan izin untuk bersyafaat, dan itu diyakini benar. Siapa pun yang menempatkannya di depannya, itu akan membawanya ke surga; siapa pun yang menempatkannya di belakangnya, itu akan mengarahkannya ke Neraka. ”[Sebuah hadits otentik yang ditemukan di At-Tabadanee, atas otoritas ‘Abdullaah ibn Mas’ood]”

6. Status seorang Muslim Dibangkitkan oleh Al-Quran

Status Musilm dibesarkan oleh Al-Quran – semakin banyak ia membaca, mengikuti perintah-perintahnya dan menjadikan Alquran sebagai bagian dari kehidupannya, semakin Allah akan meningkatkan statusnya dalam kehidupan ini dan akhirat.

7. Kekuatan Penyembuhan Al-Quran

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

Dan Kami menurunkan Quran yang merupakan penyembuhan dan rahmat bagi mereka yang percaya (dalam Islam Monotheisme dan bertindak di atasnya), dan itu meningkatkan Zaalimoon (musyrik dan pelaku kesalahan) tidak ada apa pun kecuali kehilangan ” [Quran Al-Isra ’17 : 82]

Updated: December 14, 2018 — 6:59 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eric Sanchis Blog © 2019 Frontier Theme