Eric Sanchis Blog

Eric Sanchis Blog

Manfaat Asam Jawa Yang Dikenal Sebagai Kurma India

Asam jawa / asem merupakan biji-bijian sejenis buah yang dikenal memiliki rasa yang masam dan pemanfaatannya biasanya digunakan sebagai bumbu suatu masakan seperti sayur asem serta tidak dikonsumsi secara langsung seperti buah lain pada umumnya. Selain itu asam jawa juga sering dijadikan sebagai campuran bahan dalam pembuatan jamu tradisional. Buah ini diperkirakan berasal dari benua amerika namun berkembang dan menjadi bumbu masakan penting di india sehingga buah ini juga dikenal dengan nama tamarind yang diserap dari bahasa arab tamrul hindi yang berarti kurma india karena mempunyai karakteristik yang mirip dengan buah kurma serta memiliki banyak khasiat layaknya buah kurma.

Buah yang berasal dari wilayah afrika bagian timur ini cocok ditanam di daerah tropis seperti halnya indonesia dan dengan ketinggian maksimal kurang lebih sekitar 1500 meter diatas permukaan laut.

Pemanfaatan utama dari asam jawa ini ialah daging buahnya yang sering digunakan dalam berbagai masakan sebagai bumbu masakan ataupun penambah cita rasa. Selain itu asam jawa yang sudah diawetkan dengan cara dijemur dibawah terik sinar matahari dapat dimanfaatkan untuk bahan minuman, sebagai selai, jamu, gula-gula hingga mengurangi bau amis pada ikan laut. Itulah mengapa asam jawa / asem yang telah diawetkan ini memiliki nilai ekonomis dan menjadi salah satu komoditi pasar rempah-rempah yang cukup menjanjikan.

Manfaat Asam Jawa Berdasar Bagian Pohonnya

Asam jawa ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti sariawan dengan cara mengolahnya terlebih dahulu menjadi madu asam yaitu menjemur asam jawa di suatu ruangan tertutup hingga mengeluarkan cairan kental berwarna kecoklatan layaknya madu. Cairan inilah yang dijadikan sebagai madu asam dan dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Kemudian bagian bijinya dapat dikonsumsi setelah dimasak, dipanggan atau direbus maupun diolah lebih lanjut menjadi tepung yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan roti, kue atau dijadikan obat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan disentri.

Di samping itu masih banyak bagian pohon asam jawa yang dapat dimanfaatkan oleh manusia seperti bagian daunnya yang dapat diolah menjadi ramuan tradisional sebagai obat untuk menyembuhkan suatu penyakit atau dimanfaatkan sebagai jamu sinom yaitu minuman sejenis jamu yang memiliki rasa lebih enak dibandingkan dengan jamu pada umumnya. Selain itu daun dari pohon asam jawa ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yaitu seperti mengatasi rematik, membantu mempercepat menyembuhkan luka serta mengurangi rasa sakit pada persendian dengan cara yang cukup mudah yaitu menempelkan atau mengoleskan ramuan daun pohon asam jawa yang masih muda di area yang terasa sakit. Cara lain dalam pemanfaatan daun dari pohon asam yaitu dengan cara direbus yang berguna untuk membantu menurunkan demam dan meredakan batuk.

Bagian pohon asam jawa yang tak kalah bermanfaat ialah bagian kayunya, kulit kayu dari pohon asam jawa ini dapat berguna sebagai obat kuat. Selain itu bagian kayu teras dari pohon asam jawa ini sangat berguna dalam bidang furniture maupun kerajinan karena mempunyai karakteristiknya yang padat, keras, memiliki tekstur yang halus dan mempunyai warna coklat kemerahan yang menarik. Bagi anak-anak pada zaman dahulu bagian-bagian pohon asam jawa biasanya digunakan untuk membuat mainan tradisional seperti gasing yang terbuat dari kayu pohon asam jawa dan dakon yang terbuat dari biji asam jawa.

Kandungan Dan Manfaat Asam Jawa Dalam Dunia Medis

  • Asam jawa berguna untuk menurunkan berat badan

Beberapa penelitian dilakukan untuk mengungkap manfaat asam jawa serta efek apa saja yang dapat ditimbulkan. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2011 yang dilansir dari Journal of Pharmachologyand and Pharmacotherapeutics mengungkapkan bahwa buah yang dijuluki sebagai kurma india ini berguna dalam menurunkankan berat badan karena mampu mengurangi gumpalan lemak dan kalori dalam tubuh secara drastis. Hal ini semakin diperkuat dengan hasil penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2012 dalam penjelasan yang bersumber dari Journal of Natural Medicine juga mengungkap efek yang sama seperti penelitan sebelumnya.

Asam hidrositikit atau yang disingkat HCA ditengarai sebagai zat yang berperan dalam hal menurunkan berat badan secara drastis tersebut. beberapa penelitian terhadap zat asam hidrositikit ini terus digali setiap tahunnya salah satunya seperti studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa asam hidrositikit yang ditemukan di dalam asam jawa dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam perut. Hasil studi lainnya yang dikemukakan oleh Journal of Obesity pada tahun 2011 menyatakan bahwa kandungan asam hidrositikit ini mampu menurunkan berat bada dalam jangka waktu yang relatif cepat.

  • Asam jawa dapat meredakan rasa sakit

Asam jawa juga dapat berguna untuk mengurangi rasa sakit untuk beberapa jenis penyakit berikut seperti mengatasi rematik, membantu mempercepat menyembuhkan luka serta mengurangi rasa sakit pada persendian.

  • Asam jawa mampu menurunkan kadar gula darah

Kandungan di dalam asam jawa yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalm tubuh ialah alfa amilase. Namun perlu diperhatikan bahwa kemampuan utama dari asam jawa ini ialah menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi dan kurang mampu untuk mengontrol kadar gula darah dalam posisi yang normal.

  • Asam jawa berguna bagi penderita asma

Bagi seseorang yang terkadang mengalami kesulitan bernafas, sesak nafas atau pengidap penyakit asma dapat mencoba memanfaatkan asam jawa sebagai terapi untuk mengurangi gejala sesak nafas karena salah satu sifat yang dimilikinya yaitu sifat anti histamin.

  • Asam jawa berguna mempercepat penyembuhan luka

Sifat lain yang dimiliki asam jawa ialah anti bakteri sehingga di desa-desa atau daerah terpencil biasanya memanfaatkan daun asam jawa untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan membunuh kuman / bakteri di sekitar area yang luka.

  • Asam jawa berguna mengatasi penyakit ringan

Asam jawa terutama bagian daun pohonnya dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan mengobati beberapa jenis penyakit ringan sepertii demam, flu, batuk, sakit perut hingga diare.

  • Asam jawa berguna dalam sistem pencernaan

Manfaat asam jawa yang terakhir yaitu berguna untuk memperlancar proses pencernaan makanan di dalam usus serta memperlancar dalam proses pembuangannya atau BAB

Walaupun asam jawa dianggap sebagai salah satu rempah-rempah yang berkhasiat bagi tubuh namun dalam mengonsumsi juga harus sesuai takaran karena setiap sesuatu yang berlebihan biasanya akan menimbulkan efek yang negatif. Selain itu asam jawa juga tidak dikonsumsi bagi seseorang yang dalam kondisi tertentu seperti akan melakukan operasi atau bagi wanita yang sedang hamil namun jika dikonsumsi dalam bentuk bumbu masakan rasanya tidak akan bermasalah selain itu rasanya tak mungkin jika setiap kali makan akan mengonsumsi soman yang selalu mengandung asam jawa.

Updated: October 24, 2018 — 10:09 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eric Sanchis Blog © 2018 Frontier Theme